Kamis, 11 Oktober 2012

Teori Belajar mengemudi mobil sendiri tanpa ikut kursus


Apakah anda berniat dan berkeinginan kuat untuk bisa mengemudikan sebuah mobil?? Yap
anda membaca sebuah artikel yang tepat, karena kali ini saya akan memberikan langkahlangkah jitu untuk mahir mengemudi untuk pemula.
Yap, kata-kata pembuka yang biasanya tertulis di buku-buku panduan otodidak yang dijual di
toko buku tersebut mungkin mengawali tulisan kali ini. Biasanya buku-buku jenis ini
berjudul “Mahir **bla,,bla,,bla*** dalam 24 jam”, ” X langkah jitu menguasai **Bla,,bla** untuk Pemula”, ataupun “Belajar Sendiri **Bla,,bla,,bla** dalam X hari”. Sayangnya dari sederetan buku tersebut belum pernah saya temukan panduan untuk mengemudikan mobil. He he he….  Karena itulah saya menuliskannya  untuk para siswa-siswi yang lagi belajar mengemudi di Sekolah mengemudi mobil  SIE BERSAUDARA  Semoga tips-tips ini dapat bermanfaat untuk anda.

Persiapan Awal:
Sebelum anda mulai belajar mengemudi, ada baiknya jika anda menyiapkan beberapa hal
penting berikut ini, yaitu:
Niat yang kuat.
Ingat segala sesuatu itu tergantung pada niatnya, ada baiknya jika anda meluruskan niat
terlebih dahulu sebelum memulai. Hehe..
Sebuah Mobil.
Terserah bagaimana anda mendapatkannya yang penting memenuhi syarat-syarat seperti:
bukan mobil curian, disarankan menggunakan mobil yang masih menggunakan fasilitas
kopling (manual), disarankan juga memilih mobil yang berukuran besar seperti kijang,
panther, atau sejenisnya.
Seorang Pengajar / pendamping.
Ingat!! orang tersebut harus lah orang yang sudah bisa mengemudi, jangan memilih orang
yang sama-sama sedang belajar. Hehehe…

Hari pertama
Awali hari pertama anda dengan berdoa terlebih dahulu. Di hari pertama ini yang anda lakukan
adalah memahami kontrol dasar dari setiap fitur dashboard mobil yang ada. Memang setiap
mobil berbeda-beda, tapi paling tidak anda mengerti cara menghidupkan dan mematikan
mesin, cara menggunakan lampu sen dan lamu hazard, menggunakan lampu utama dan lampu jarak jauh, menjalankan wiper untuk mengatasi hujan, dan sebagainya
Jika sudah paham, sekarang saatnya mempelajari aturan dasar tentang mengemudi.,Ada banyak aturan dasar tapi paling tidak anda paham tentang penggunaan jalur kiri dan kanan,
etika dalam mendahului, dan arti rambu-rambu lalu lintas yang ada.
Capaian hari pertama ini adalah anda sudah menguasai semua teori tentang dua hal diatas.

Hari Kedua
Saatnya terjun ke lapangan, yup benar-benar ke lapangan. Carilah sebuah lapangan disekitar
kompleks rumah anda untuk berlatih maju dan mundur. Tujuannya adalah membiasakan diri
anda bermain dengan kopling. Pastikan anda sudah bisa menjalankan mobil dengan halus
tanpa getaran mesin yang terasa (apalagi jika mesinnya mati-mati terus). Jika sudah, silahkan
keluar dari lapangan dan mulailah menjalankan mobil anda di jalanan kompleks rumah.
Biasakan diri anda dengan melakukan perpindahan tingkat kecepatan berulang-ulang (ganti ganti gigi maksudnya). Latih juga mata anda untuk melihat ke belakang dengan
menggunakan kaca spion. Sangat dianjurkan untuk memilih track yang lurus dan datar di hari
kedua ini.

Hari Ketiga
Hari ini menunya masih sama dengan hari sebelumnya, bedanya hari ini anda berpindah track
(lintasan) dari yang lurus ke yang lebih berbelak-belok. Ok, segera cari lintasan yang
berkelak-kelok di kompleks perumahan anda. Jangan meremehkan teknik belok, karena
walaupun sederhana teknik ini cukup sulit diimplementasikan dengan sempurna. Yang perlu
diperhatikan ketika berbelok adalah jangan sampai mengambil jalan pengemudi lain. Sekedar
informasi, belok kanan lebih sulit daripada belok kiri karena hampir bisa dipastikan anda
akan memotong jalan pengemudi lain.

Hari Keempat
Sekarang saatnya menanjak, cari tanjakan di sekitar kompleks rumah anda, lalu berlatihlah di
sana. Ada dua teknik dalam dalam dunia mengemudi, pertama menggunakan rem tangan, dan
yang kedua menggunakan seni permainan kopling. Hari ini adalah hari dimana anda belajar
untuk menguasai kedua teknik tersebut. Lakukan di berbagai macam tingkat kecuraman
tanjakan dan lakukan variasi menanjak secara maju dan mundur. Ingat!! perhatikan juga
temperatur mesin mobil anda, karena pada dasarnya fungsi kopling adalah menjaga agar
mesin anda tidak mati dan memainkan kopling sama dengan memainkan mesin mobil anda
untuk menaik turunkan kinerjanya. Ciri mesin mobil sudah panas adalah asap yang muncul
dari kap mesin. Hehehe….

Hari Kelima
Anda sudah menguasai jalan menanjak?? Saatnya belajar memarkir mobil. Yap, teknik yang
cukup sulit, hampir sama tingkat kesulitannya dengan menanjak atau bahkan bisa menjadi
lebih sulit untuk kondisi tertentu. Pertama pelajari parkir mundur seperti jika memarkirkan
mobil di tempat parkir biasa, lakukan dari arah kiri dan kanan. Selanjutnya pelajari teknik
parkir horizontal. Teknik parkir ini biasa digunakan jika kita menghadapi tempat parkir yang
paralel. Hehe… Jika sudah, lanjutkan dengan kombinasi memarkir dan menanjak, yaitu
dengan mencoba memarkir di tanjakan. Capaian hari ini adalah anda sudah menguasai
berbagai macam teknik memarkir untuk berbagai macam kasus parkiran yang umum. Hehe…

Hari Keenam
Saatnya turun ke jalan!! Yup, coba keluar dari kompleks rumah anda. Kali ini coba lah
menjadikan jalan besar di kota anda sebagai track-nya. Gunakan segenap kemampuan yang
telah anda pelajari di hari sebelumnya untuk menaklukan jalanan kota. Hehe… Oiya, jangan
lupa pelajari juga cara mengisi bensin yang benar. Biasanya pemula tidak tahu caranya
membuka tutup tangki bensin. hehe..

Hari Terakhir
Saatnya kebut-kebutan!! Sejujurnya tidak ada yang harus diajarkan dalam hal mengebut
(menjalankan kendaraan denga kecepatan diatas 80 Km/jam) karena memang itu adalah
kemampuan natural yang pasti muncul dengan sendirinya di kalangan para pengemudi
profesional. Hehe… Hanya saja perhatikan kondisi kendaraan dan kondisi sekitar kendaraan
sebelum menggeber mobil anda dengan berkecepatan tinggi. Jalan tol adalah tempat yang
tepat untuk mengimplementasikan teknik yang satu ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar